Selasa, 26 September 2017

Frankie Manning Si Penari Legendaris Amerika

Frankie Manning Si Penari Legendaris Amerika
Gambar: Frankie Manning


Ada seorang penari legendaris di Amerika yang banyak menginspirasi penari-penari dimasa depan. Dia bernama Frankie Manning. Pria kelahiran Jacksonville, Florida, 26 Mei 1914 ini selain seorang penari Amerika juga seorang instruktur dan koreografer. Ibunya adalah seorang penari dan sejak kecil Manning sangat suka menari didepan keluarga besarnya di pekarangan peternakan mereka, diiringi musik harmonika dan washtub bass, sebuah alat musik tradisional. Bagi Manning, ibunya adalah sosok yang sangat dikasihinya dan merupakan idolanya. Manning sangat kaget ketika melihat ibunya melakukan tarian bergaya foxtrot  dan waltz disebuah ruangan dansa didepan banyak orang.

Setelah acara tersebut, Manning bersikeras ingin berdansa bersama sang ibu. Ketika ibunya selesai berdansa dengan Manning, ibunya berkata bahwa dia tidak akan pernah bisa menjadi penari karena gerakannya terlalu kaku. Perkataan sang ibu justru memotivasi Manning untuk terus berlatih menari. Manning secara rutin berlatih secara otodidak dikamarnya. Dia bahkan menggunakan sapu dan kursi sebagai rekan menarinya, supaya gerakan yang dia lakukan bisa luwes. Pada akhirnya Manning ikut dalam kompetisi menari bersama rekannya, Frieda Washington. Kemampuan Swing dance yang ditampilkan Manning berhasil memukau 2000 penonton. 

Baca Juga:



Kariernya dalam dunia menari terus meningkat, sampai akhirnya dia ditunjuk sebagai pelatih koreografer beberapa kelompok penari. Grup terakhir yang Manning pimpin bernama Congaroos. Namun grup ini bubar pada tahun 1955. Kira-kira 30 tahun setelah itu Manning mulai melanjutkan karier menarinya dengan cara berkeliing dunia untuk menjadi seorang instruktur dan inspirator dalam dunia tari. Bahkan diusia senjanya pun, Manning masih mendapatkan banyak penghargaan diantaranya adalah Tony Award pada tahun 1989 dan National Endowment for the Arts National Heritage Fellowship tahun 2000. Dan pada tahun 2007 buku autobiografi Frankie Manning dipublikasikan dengan judul Frankie Manning: Ambassador of Lindy Hop. Penari legendaris ini menghembuskan nafas terakhirnya dikota Manhattan pada tanggal 27 April 2009, diusia 94 tahun.

Kita belajar dari kegigihan Manning dalam mencapai kerinduan hatinya menjadi seorang penari. Terkadang kita mengalami kesulitan untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Kita tahu apa yang benar, namun sering kali kita tetap melakukan kesalahan. Pada waktu itu, Iblis akan berusaha menjatuhkan dan mengintimidasi kita dengan mengatakan bahwa kita tidak akan sanggup. Jadikan intimidasi Iblis sebagai pendorong semangat kita untuk menjadi lebih baik lagi! Demikian juga ketika kita merasa tidak mampu menggapai cita-cita kita, ada saja perkataan yang mengintimidasi kita untuk kita berhenti berusaha. Tetapi mari terus berjuang, beri semangat pada diri sendiri dan katakan, “Aku Bisa!”.

Kata-Kata Bijak Hari Ini
“Orang sukses adalah orang yang menjadikan intimidasi sebagai pelecut dirinya untuk berusaha sekuat mungkin.”

Source: Mansor Book
Edited By: Nuel
Load disqus comments

0 komentar